Monday 31 December 2012

Ingin Lebih Sehat di Tahun 2013? Ini Resolusinya

Yuk, hidup lebih bugar dan sehat!/ Foto: Istimewa


Anda ingin tubuh lebih sehat dan bugar di tahun 2013 nanti? Nah, jika Anda ingin membuat resolusi untuk kesehatan dan kebugaran Anda, sebenarnya nggak perlu terlalu rumit kok. Anda nggak perlu memaksakan diri untuk ikut keanggotaan gym yang mahal, membeli makanan organik atau melakukan diet ketat yang menyiksa. Cukup lakukan beberapa hal sederhana ini, dan fokus pada kesadaran Anda sendiri untuk menjadi lebih sehat!
Yang terpenting, Anda memang harus memegang teguh niat Anda untuk menjalani hidup yang lebih sehat. Nah, dikutip dari berbagai sumber, Anda bisa coba beberapa resolusi sehat dibawah ini:

Tetapkan target

Dengan menetapkan target tertentu, akan mendorong Anda untuk melakukan aktivitas menuju pola hidup yang sehat. Misalnya, Anda ingin berat badan Anda turun 10 kg di tahun 2013 nanti? Jadikan ini sebagai target Anda, dan commit pada target tersebut. Jika ini Anda biasakan, pikiran Anda akan mendukung fisik untuk mengkondisikan diri dalam mencapai target yang diinginkan.

Kurangi minuman bersoda

Cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda secara bertahap mulai tahun 2013 nanti. Soda memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi, bahkan bisa mencapai 150 kalori dalam satu kaleng soda. Terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda akan meningkatkan resiko terkena diabetes dan obesitas.  Coba ganti minuman bersoda dengan air putih, atau bisa juga air putih yang telah dicampur dengan perasaan air jeruk nipis.

Jika dilakukan dengan niat dan komitmen yang kuat, pasti bisa kok./ Foto: Istimewa


Masak makanan Anda sendiri (dengan bahan-bahan segar)

Makanan yang Anda beli di luar, bisa saja mengandung atau terbuat dari bahan yang kurang segar atau ditambahkan berbagai jenis zat yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Nah, dengan memasak makanan sendiri, dengan bahan-bahan makanan yang Anda pilih sendiri, memungkinkan Anda untuk mengatur asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Yang pasti, pilihlah menu kuliner yang sehat untuk dimakan.

Perbanyak makanan berserat

Terkadang, Anda merasa sangat lapar dan bisa menghabiskan dua piring penuh nasi Padang beserta isinya. Jika ini sering Anda alami (dan lakukan), nggak heran jika tiap bulan berat badan Anda naik terus. Nah, coba siasati hal ini dengan banyak mengonsumsi makanan kaya serat, yang akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. Ini akan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit porsi makanan, yang pada akhirnya mengurangi jumlah kalori yang Anda makan.

Perbanyak aktivitas fisik

Jika Anda sering malas berjalan kaki, coba mulai biasakan aktivitas ini. Kurangnya aktivitas fisik bisa menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan. Oleh karena itu, untuk mencapai tubuh yang lebih sehat dan bugar, Anda sebaiknya memperbanyak aktivitas fisik Anda. Misalnya, berbelanja ke mini market dengan berjalan kaki, bersepeda seputar kompleks di hari Minggu, atau mungkin membersihkan mobil dua kali seminggu.

Lakukan olahraga rutin

Coba lakukan aktivitas olahraga rutin tiap minggu. Nggak perlu terlalu sering, cukup dua kali seminggu berolahraga, selama sekitar 30 menit per sesi. Anda bisa lakukan olahraga beban ringan, atau mungkin senam aerobik di rumah. Berolahraga rutin akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar.

Istirahat yang cukup

Nah, dari segala aktivitas Anda sehari-hari, ini mungkin yang paling sering 'sedikit' terabaikan. Istirahat yang cukup sangat penting untuk memulihkan kebugaran Anda, setelah sehari penuh beraktivitas. Beristirahatlah, rileks dan tidur setidaknya 6-8 jam sehari di waktu normal, agar tubuh kembali freshkeesokan harinya.


No comments:

Post a Comment